LIV Golf bergabung dengan gugatan antimonopoli terhadap PGA Tour

LIV Golf bergabung dengan gugatan antimonopoli terhadap PGA Tour

SAN JOSE — LIV Golf yang didanai Saudi telah bergabung dengan gugatan antimonopoli terhadap PGA Tour dalam keluhan yang diubah di mana empat pemain telah menghapus nama mereka.

Itu membuat tujuh pemain, terutama Phil Mickelson dan Bryson DeChambeau, bersama dengan LIV Golf sebagai penggugat dalam gugatan tersebut. Empat orang yang mencabut nama mereka adalah Carlos Ortiz, Abraham Ancer, Pat Perez dan Jason Kokrak.

Pengaduan yang diubah diajukan Jumat sore di Pengadilan Distrik AS di California Utara. Tiga pemain masih dalam gugatan – Matt Jones, Talor Gooch dan Hudson Swafford – sebelumnya meminta perintah penahanan sementara untuk bermain di babak playoff Piala FedEx.

Hakim menolak permintaan mereka dua minggu lalu.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa PGA Tour telah menggunakan kekuatan monopoli untuk mencoba menghentikan kompetisi dan telah menangguhkan pemain secara tidak adil.

Greg Norman, CEO LIV Golf, mengatakan liga akan sepenuhnya mendukung para pemain dalam setiap tindakan hukum yang mereka lakukan. LIV Golf, yang didukung oleh dana kekayaan negara Arab Saudi, sekarang terlibat langsung.

Dalam pengaduan yang diubah, LIV Golf berpendapat bahwa tanpa keputusan yang menguntungkan, “kemampuannya untuk mempertahankan kehadiran kompetitif yang berarti di pasar akan hancur.”

LIV Golf menuduh pembatasan PGA Tour memaksanya menaikkan biaya untuk merekrut pemain dan mencegahnya merekrut pemain lain yang takut akan ancaman hukuman. Ia juga mengklaim tur memaksa LIV Golf untuk menunda peluncurannya untuk 2022 dan memiliki jadwal yang lebih kecil di tahun pertama.

LIV Golf telah menawarkan beberapa biaya penandatanganan nama besar yang dilaporkan bernilai $150 juta atau lebih, di samping hadiah uang $25 juta di setiap acara. LIV Golf telah menggelar tiga turnamen sejauh ini. Yang keempat adalah akhir pekan depan di luar Boston.

Keluhan yang diubah mengatakan sementara LIV Golf telah meluncurkan turnya meskipun “biaya suprakompetitif” dan mengurangi akses ke pemain, “menghadapi angin sakal seperti ini tidak berkelanjutan.”

Tur PGA telah bersandar pada haknya bahwa anggotanya memerlukan rilis acara yang bertentangan untuk bermain di luar negeri, dan tidak ada rilis yang diberikan untuk acara Amerika Utara. Lima acara LIV seperti itu ada dalam jadwal tahun ini.

Tur telah menangguhkan pemain yang menyelesaikan di LIV Golf tanpa rilis — tidak ada yang diberikan — dan sebagian besar penangguhan tersebut hingga Maret 2024.

Hakim Distrik AS Beth Labson Freeman memutuskan dalam menolak perintah penahanan sementara bahwa LIV Golf tidak menunjukkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki karena berapa banyak uang yang dihasilkan para pemain untuk menandatangani dan dari hadiah uang, dan bahwa peraturan PGA Tour untuk menangguhkan pemain dalam kasus ini tidak keterlaluan.

Freeman menetapkan sidang penilaian ringkasan untuk 23 Juli 2023, dan tanggal percobaan tentatif untuk 8 Januari 2024.

LIV Golf telah merekrut sekitar dua lusin pemain PGA Tour dan kemungkinan akan menambah sebanyak enam lagi setelah PGA Tour mengakhiri musimnya hari Minggu di Atlanta di Tour Championship.

Sumber: ESPN GOLF

Author: Samuel Thomas